• info@linggahotel.co.id
  • +62.22.756.2980 / 81
  • 5ACEFE28
  • 087821292033

Discount up to 50% booking kamar Lingga Hotel di www.linggahotel.co.id ! Informasi lain Tlp. (022) 756 29 80/81

History

Cikal bakal atau awal keberangkatan usaha perhotelan ini dimulai pada tahun 1984 dimana pemilik perusahaan mengakusisi sebuah penginapan yang terletak di jalan Jayagiri, Lembang Kabupaten Bandung. Penginapan ini kemudian diberi nama Lingga Guest House. Hal tersebut merupakan bentuk diversifikasi usaha tambahan yang dilakukan manajemen Lingga Group yang pada awalnya memiliki Core Business di bidang Kontraktor, Percetakan dan Perdagangan Umum.

Dalam perkembangannya manajemen Lingga Group melihat market share convention hotel cukup potensial untuk dimasuki sebagai alternative core business mengingat usaha bidang kontraktor & percetakan Lingga Group menunjukan trend yang menurun. Pada tahun 1989, manajemen memutuskan mulai membangun gedung Wisma Lingga yang untuk kawasan Jalan Soekarno-Hatta tergolong yang pertama hadir di Bandung. Fasilitas yang dimiliki Wisma Lingga pada awal berdirinya terdiri dari sebuah ruang rapat/pertemuan – yang kemudian dikenal dengan Aula Madya (Lingga Wiwitan) yang dapat menampung 100 – 300 tamu --, 14 unit kamar dengan jumlah tempat tidur yang dapat menampung 42 orang tamu. Fasilitas lainnya adalah 1 buah lapangan Tennis Indoor yang sudah ada terlebih dulu sebelum hotel/wisma berdiri. Keputusan yang diambil pimpinan perusahaan ternyata tepat, karena terbukti kemudian pertumbuhan bisnis hotel ini secara signifikan mampu mengambil alih posisis menjadi bisnis utama Lingga Group.

Dalam perkembangannya, Wisma Lingga yang menggarap pasar convention hotel untuk kelas menengah ke bawah ini terus mendapatkan tekanan permintaan penambahan fasilitas. Merespon hal ini, Direksi mengukuhkan pendirian sebuah badan hukum yang khusus menangani bisnis ini agar dapat lebih fokus dan dikelola lebih professional. Badan hukum yang didirikan adalah CV.Wisma Lingga dengan akte pendirian No.51 tertanggal 11 Juli 1989 oleh Notaris Ny. Ai Masriah Roswandi, SH. . Sedangkan untuk kebutuhan penetrasi dan perluasan pasar maka nama Wisma Lingga diganti menjadi Hotel Lingga. Legalitas usaha yang didapat dari pemerintah daerah, mengelompokkan hotel ini pada kelas hotel Melati-3.

Selanjutnya di dalam merespon permintaan pasar, maka dari segi fisik dimulai pembangunan fasilitas tambahan pada tahun 1989 tepatnya pada bulan Agustus. Fasilitas tambahan yang dibangun meliputi penambahan jumlah dan jenis kamar, pembangunan gedung pertemuan dengan kapasitas lebih besar (500-1000 undangan) serta ruangan kelas. Pembangunan gedung/aula yang baru dilakukan di atas lahan lapangan tennis indoor (lapangan tennis indoor ditiadakan). Pembangunan tersebut diproyeksikan membutuhkan waktu 5 bulan. Karena pengerjaannya dilakukan secara swa-kelola maka dapat diselesaikan lebih cepat, tepatnya 1 November 1989 fasilitas tambahan tersebut telah rampung dan diresmikan penggunaannya. Tahun-tahun selanjutnya, terhadap fasilitas yang ada terus ditingkatkan kualitas melalui program renovasi bertahap, memanfaatkan waktu low session pada setiap kali memasuki bulan puasa (Ramadhan). Program renovasi ini berlangsung dari tahun 1990 hingga tahun 2008.

©2014 Lingga Hotel All right reserved   Developed by javwebnet